Cara Flash Advan S5e NXT Menggunakan SPD Tool

2 min read

Cara Flash Advan S5e NXT

Cara Flash Advan S5e NXT Menggunakan SPD Tool – Ketika ponsel kita mengalami eror, matitotal atau bootloop salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan cara Flash ponsel tersebut.

Cara tersebut merupakan solusi yang paling ampuh untuk mengatasi masalah HP Advan S5E NXT yang error.  Flashing pada ponsel Advan S5E NXT juga bisa membantu untuk mengatasi lupa pola/kunci layar, lemot, terkena virus, dan lain sebagainya.

Flashing merupakan cara terakhir yang bisa kita ditempuh apabila masalah dan error yang terjadi pada ponsel Advan S5E NXT tidak bisa kita atasi menggunakan cara biasa. Dengan kita melakukan flashing, kita akan menginstall ulang firmware pada ponsel tersebut, sehingga sistem pada ponsel akan kembali seperti bawaan pabrik.

Lalu bagaimana jika ponsel kita mengalami eror dan ingin meakukan flash? Berikut ini IDETrend.com akan mengulas dan membahas bagaimana cara nya melakukan Flash pada Advan S5e Nxt.

Cara Flash HP Advan S5e Nxt

Sebelum kita melakukan flashing, ada beberapa yang harus kita siapkan dahulu diantara nya adalah sebagai berikut.

  1. Kita siapkan dahulu PC/laptop Windows.
  2. Lalu kita siapkan juga Kabel USB.
  3. Kemudian kita Download SPD_Upgrade Tool R4.0.0001
  4. Dan kita Download juga Firmware Advan S5E NXT V2
  5. Selanjut nya kita Download USB Driver Advan S5E NXT
  6. Apabila ponsel masih hidup kita lakukan Back up data dahulu .
  7. Apabila menggunakan Windows 10, kita Matikan/Disable Windows Signature dahulu pada Laptop/Pc. hal tersebut bertujuan supaya penginstalan driver bisa berjalan dengan lancar.

Cara Flashing Pada Advan S5e NXT

1. Yang Pertama kita siapkan dahulu alat dan bahan, kemudian kita unduh file seperti Firmware, SPD Upgrade Tool,dan USB Driver.

2. Selanjutnya kita ekstrak file Firmware, SPD Upgrade Tool, dan USB Driver pada Laptop/Pc.

3. Kemudian kita buka folder hasil ekstrak file driver. Tedapat 2 jenis driver yang bisa diinstall, misalnya apabila kita menggunakan Windows 64bit, maka kita pilih yang folder nya x64, kemudian kita cari file “DPInst” kemudian untuk menginstall drivernya kita bisa melakukan nya dengan cara klik kanan kemudian pilih Run as Administrator. Apabila Windows menggunakan yang x86, maka pilih yang folder x86. Kita sesuaikan dengan Windows nya.

4. Lalu kita buka folder SPD Upgrade Tool yang sudah di ekstrak. Selanjut nya cari file “ResearchDownload.exe“, lalu kita klik kanan pada file tersebut kemudian pilih “Run as Administrator” untuk dapat menjalankan software tersebut.

5. Apabila ResearchDownload sudah terbuka, kemudian kita klik pada “Ikon Gear Satu

6. Selanjut nya kita cari file firmware yang sudah kita ekstrak. File tersebut berformat “.pac“. Selanjut nya kita pilih file .pac tersebut dan kemudian kita klik “Open“.

7. Tunggu sampai file di muat, setelah firmware sudah berhasil dimuat, kemudian klik “Ikon Gear Dua“.

8. Kemudian pada tab Main Page, pada bagian “NV_W“, kita klik kanan pada filename/path NV_W berada. kemudian kita ganti dengan file “nvitem“. Pastikan kita mencentang kembali opsi “NV_W“.

9. Kemudian pada tab Options, kita centang opsi “Reset to Normal“.

10. Dan pada tab Backup, kita hilangkan semua centang yang ada. Hal tersebut agar IMEI tidak hilang.

11. Apabila semua sudah selesai, selanjut nya kita klik “OK” untuk dapat menyimpan pengaturan.

12. Selanjut nya kita klik ikon Play (Start downloading) untuk bisa memulai proses flashing. Kemudian kita klik “Yes“ pada jendela download. Kemudian kita pasang kabel USB ke laptop/PC.

13. Pada ponsel Advan S5E NXT kita Matikan ponsel dahulu, kemudian kita lepas baterai, dan pasang kembali baterainya.

14. Apabila Ponsel dalam kondisi mati, kita tekan volume Down (-) dan kita hubungkan kabel USB dari PC ke ponsel.

15. Apabila semua langkah sudah kita lakukan dengan benar, proses flashing akan berjalan dengan otomatis pada software ResearchDownload (SPD Upgrade Tool). Apabila ponsel tidak terdeteksi, coba kita periksa apakah driver sudah terinstall dengan benar atau belum.

16. Kita tunggu proses flashing ponsel kita sampai selesai. Proses tersebut berjalan selama 10 sampai 15 menit. Apabila proses flashing sudah selesai, akan muncul tulisan “Passed pada bagian Progress“. slanjut nya ponsel Advan S5E NXT kita akan merestart secara otomatis.

Itulah langkah-langkah melakukan flash pada advan s5e Nxt dengan mudah, semoga cara tersebut bisa membantu dan memberi informasi bagi kita yang sedang mengalami  hal yang sama. selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *