Cara Membuka Fingerprint Lock Android Yang Terkunci

2 min read

Cara Membuka Fingerprint Lock Android Yang Terkunci

Cara Membuka Fingerprint Lock Android Yang Terkunci – Perkembangan teknologi smartphone seperti tidak ada habis nya untuk kita bahas seperti lock sistem atau pengunci layar pada perangkat smartphone.

Lock sistem atau penguncian pada smartphone sangat di butuhkan dan sangat penting untuk menjaga data privasi kita pada smartphone. saat ini ada 3 macam lock sistem atau pengunci layar pada smartphone diantara nya menggunakan nomor, pola dan sidik jari atau fingerfrint.

Masing-masing sistem lock atau pengunci layar smartphone memiliki kelebihan pada praktek nya, seperti sistem sidik jari atau fingerprint lock yang lebih baik dari sistem pengunci layar sebelum nya dimana kita harus menggunakan jari pengguna android tersebut.

Di samping mempunyai kelebihan dan kecanggihan pada sistem pengunci layar sistem sidik jari ini mempunyai kekurangan sehingga pengguna sering kali mengalami kegagalan dalam pemindaian sidik jari.

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab gagal nya Fingerprint lock atau sistem sidik jari pada smartphone, berikut ini IDETrend akan mengulas Cara Membuka Fingerprint Lock Android Yang Terkunci.

Cara Membuka Fingerprint Lock Android Yang Terkunci

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuka Fingerprint yang bermasalah, dari beberapa smartphone yang menggunakan sistem sidik jari salah satu nya adalah smartphone merk samsung yang kan kita ulas.

1. Periksa kondisi jari kita

Pada saat melakukan pemindaian jari pada smartphone pastikan jari kita dalam keadaan bersih dan tidak basah sehingga tidak menghalangi alat pindai. Dan letakan jari kita dengan posisi yang pas dan presisi yang dapat menyebabkan sistem pindai tidak bisa membaca secara maksimal.

2. Periksa alat pemindai jari

Baca juga  Cara Unlock Bootloader dan Install Twrp Redmi Note 3 Pro

Setelah periksa kondisi jari kita, cara selanjut nya adalah periksa alat pemindai jari kita. Untuk mengetahui alat pemindai kita tidak berfungsi dengan baik maka lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Periksa kondisi fisik alat pemindai yang ada di belakang smartphone maupun pada layar pastikan dalam keadaan baik tidak mengalami cacat atau goresan bahkan kerusakan.
  • Pastikan kembali alat pemindai dalam kondisi bersih dan tidak basah, jika kotor maupun basah bersihkan alat pemindai dengan menggunakan tysu atau kain halus.

3. Restart android

Cara ini menjadi alternatif selanjut nya yaitu dengan restart smartphone kita dengan cara matikan smartphone kita dan buka baterai jika smartphone kita bukan menggunakan baterai tanam, lalu cabut kartu memori dan kartu sim kita. diamkan selama beberapa menit dan masukan kembali kartu sim, memori dan baterai, kemudian hidupkan kembali smartphone kita.

4. Clear cache aplikasi Fingerprint

Fungsi dari Fingerprint atau sidik jari sendiri adalah menyimpan cache sidik jari kita untuk mempercepat pada saat pemindaian jari kita pada alat pemindai fingerprint atau sidik jari, namun dengan banyak nya file cache menjadi faktor sistem pengunci tidak merespon pada saat menggunakan Fingerprint atau sidik jari. Maka kita perlu membersihkan file cache fingerprint atau sidik jari secara berkala, berikut cara nya:

  • Masuk Pengaturan
  • Pilih aplikasi manager dan klik semua
  • Cari Fingerprint dan tap clear cache
  • selesai

5. Menghapus data Fingerprint

Menghapus data Fingerprint adalah menghapus data sidik jari kita yang sudah tersimpan di smartphone yang bertujuan untuk memperbarui data jari kita pada smartphone pada saat pemindaian jari:

  • Masuk Pengaturan
  • Pilih aplikasi manager
  • Cari Fingerprint dan tap clear data
  • Selesai
Baca juga  Cara Hard Reset Sony Xperia Z1 Docomo

6. Menghapus data Fingerprint setelah di Root

Setelah kita melakukan Root dan mengalami kesulitan untuk membuka kunci layar menggunakan Fingerprint, maka cara terbaik mengatasi Fingerprint yang eror adalah dengan cara menghapus data menggunakan titanium back up. berikut adalah cara mengatasi Fingerprint smartphone tidak berfungsi setelah di Root:

  • Install aplikasi tersebut dan berikan akses Root
  • Buka aplikasi kemudian masuk ke tab Back up / Restore
  • Pilih Fingerprint
  • Lalu pilih Wipe data
  • tekan Ok

7. Factory resset

Cara ini adalah cara terakhir yang bisa kita lakukan jika cara sebelum nya tidak berhasil, namun sebelum melakukan Factory resset alangkah baik nya kita back up data dahulu, karena Factory resset akan menghapus semua data yang ada di smartphone kita.

8. Bawa ke tempat service

Jika cara sebelum nya yang kita lakukan idak membuahkan hasil, berikut ini cara yang paling akhir dari semua cara yang sudah kita lakukan. Yaitu membawa smartphone kita ke tempat service terdekat maupun ke service center samsung atau service center smartphone yang kita miliki jika masa garansi masih ada untuk mengetahui masalah yang ada apakah dari software maupun dari hardware.

Baca juga :

Demikian IDEtrend.com mengulas Cara Membuka Fingerprint Lock Android Yang Terkunci, semoga cara ini bisa membantu menyelesaikan masalah pada Fingerprint yang eror dan bisa kembali normal seperti sedia kala. Selamat mencoba dan semoga berhasil jangan lupa berdoa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *