Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

3 min read

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti – Google Play Store merupakan layanan platform Android, dimana dalam layanan tersebut terdapat berbagai jenis aplikasi Android, mulai dari aplikasi Game, Media Sosial, Buku dan sebagainya yang bisa di download oleh penggunanya. Dari semua jenis aplikasi yang ada, terdapat juga yang berbayar sampai yang gratisan.

Bisa dibilang Google Play merupakan layanan yang sangat penting bagi pengguna platform Android. Bagaimana tidak, jika tidak terdapat layanan Google Play maka pengguna Android tidak dapat menggunakan aplikasi bermanfaat. Yah meskipun banyak juga aplikasi yang bisa kita temui dan kita download di situs. Namun aplikasi tersebut tidak resmi dan bisa saja mengandung malware berbahaya.

Apakah sobat pernah mengalami layanan Google Play yang tiba-tiba terhenti. Pastinya sangat mengganggu sekali ya sob. Karena kita tidak bisa mendownload aplikasi yang sedang kita inginkan ataupun melakukan pembaruan aplikasi yang telah usang.

Namun kalian jangan khawatir sob, karena disini mimin akan membagikan tips tentang Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti. Jadi buat sobat yang sedang mengalami layana Google Play terhenti, bisa ikuti tips-tips dibawah ini, namun sebelum membaca tipsnya ketahui lebih dulu penyebab layanan google play berhenti. Simak terus sampai selesai ya sob.

Penyebab Layanan Google Play Terhenti

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan layanan Google Play terhenti. Jika tidak segera kita tangani, maka masalah tersebut akan terus berlanjut yang artinya kita tidak bisa mengakses layanan Google Play, baik untuk mendownload maupun untuk memperbarui aplikasi. Berikut penyebab yang dapat membuat layanan Google Play terhenti.

  • Waktu dan tanggal pada Google Play tidak sinkron dengan waktu dan tanggal yang ada di ponsel.
  • Sistem Android sedang error.
  • Koneksi internet untuk mengakses bermasalah.
  • Terjadi crash pada layanan Google Play.
  • Dan lain-lain.
Baca juga  Cara Hard Reset Sony Xperia Z1 Docomo

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang kita ketahap untuk penyelesaian masalah. Berikut ini dalah tips atau cara untuk mengatasi layanan Google Play terhenti.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Seperti pada penjelasan diatas, Google Play merupakan layanan konten digital yang dapat digunakan oleh pengguna platform Android. Dan didalam layanan tersebut terdapat berbagai jenis aplikasi yang dapat di unduh oleh penggunanya.

Dengan berjalannya waktu, kini Google Play semakin berkembang dan menjadi sebuah layanan yang sangat penting bagi pengguna Android. Namun akhir-akhir ini beberapa pengguna Android mengalami layanan Google Play yang tehenti secara tiba-tiba.

1. Restart

Penggunaan hp yang tidak pernah berhenti juga membutuhkan retart untuk dapat menstabilkan kembali sistem yang sedang bekerja. Hal ini juga dapat berpengaruh kepada semua layanan aplikasi termasuk Google Play. Lakukanlah restart supaya hp yang sobat gunakan menjadi lebih fresh kembali.

Matikan hp sobat untuk sejenak, jika perlu copot baterai dan juga kartu SIM Card. Jika dirasa hp sudah kembali dengan suhu yang sudah normal, pasang semua dan nyalakan kembali hp. Sekarang sobat coba buka layanan Google Play.

2. Pengaturan Waktu dan Tanggal

Hal sepele ini juga dapat mempengaruhi terjadinya kesalahan pada layanan Google Play. Untuk itu sobat perlu cek apakah waktu dan tanggal telah sama antara hp dan Google Play. Jika tidak sama sobat bisa lakukan pengaturan pada waktu dan tanggal dengan mode otomatis pada hp.

Setelah mode waktu dan tanggal otomatis terpasang, matikan hp untuk beberapa saat. Nyalakan hp kembali, dengan begitu waktu dan tanggal secara otomatis akan dapat tersincron dengan layanan Google Play.

3. Hapus Cache Pada Google Play

Cache merupakan sebuah penyimpanan untuk data sementara. Fungsinya yaitu membantu penggunanya ketika akan kembali pada halaman sebelumnya, tapa perlu melakukan reload. Tentunya dengan data sementara yang terus menumpuk akan dapat mempengaruhi kinerja dari layanan Google Play itu sendiri.

Baca juga  Cara Cek Keaslian Power Bank Xiaomi

Untuk menanganinya sobat bisa menghapus cache untuk menormalkan kembali layanan tersebut. Caranya masuk ke Setelan > Aplikasi Terinstall > pilih Google Play Store > Hapus Cache. Sekarang sobat bisa mencoba kembali membuka layanan Google Play.

4. Hapus Data Google Play

Untuk cara yang ketiga yaitu dengan menghapus data yang ada di Google Play. Namun cara ini akan dapat menghapus semua data yang ada. Caranya juga sama seperti pada penghapusan cache, buka Setelan > Aplikasi Terinstall > pilih Google Play Store > Hapus Data. Lakukan update ulang dan silahkan sobat coba kembali untuk membuka Google Play.

5. Reset Google Akun

Jiak cara yang diatas masih belum berhasil, sobat bisa melakukan cara yang keempat yaitu menghapus akun yang digunakan pada layanan Google Play.

6. Update Google Play

Jika pengaturan pembaruan sobat di seting dalam mode manual dan lupa untuk melakukan update pada versi terbaru dari Google Play, mungkin bisa saja ini yang menyebabkan layanan Google Play terhenti. Untuk itu sobat perlu melakukan update secara otomatis, supaya tidak ketinggalan dengan versi yang terbaru.

Untuk caranya masuk pengaturan pada Google Play, lalu aktifkan “Auto Update apps”. Dengan begitu setiap ada versi terbaru akan update secara otomatis.

Jika memang semua cara diatas tidak ada yang berhasil, mungkin jalan terakhir adalah dengan melakukan Factory Reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Tentu cara ini akan dapat menghapus semua data yang tersimpan di hp Android sobat. Jadi sebaiknya sobat lakukan backup data yang penting sebelum melakukan Factory Reset.

Baca juga :

Demikianlah pembahasan tentang Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Kunjungi terus IDETrend.com untuk mendapatkan informasi terbaru dan bermanfaat lainnya, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *