Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka (No Conection)

2 min read

cara mengatasi playstore tidak bisa dibuka

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka (No Conection) – Google Play Store, merupakan layanan resmi dari Google yang di dalamnya terdapat berbagai jenis aplikasi seperti media sosial, game, film dan masih banyak lagi yang lainnya yang dapat sobat unduh dan pasang untuk platform Android sobat.

Bermacam-macam jenis aplikasi mulai dari berbayar hingga yang gratisan semua dapat sobat temukan dilayanan Google Play Store. Yah, layanan Google Play Store dapat sobat temukan hanya dalam platform Android. Dan, bisa dikatakan layanan ini sangatlah penting buat kita sebagai pengguna Android.

Karena, jika tidak ada layanan Google Play Store tentu hp Android kita tidak akan ada aplikasi apa-apa secara resminya, karena kita tidak dapat menguduh berbagai file aplikasi Android. Walau kini telah terdapat berbagai aplikasi dari situs-situs gratis yang ada, namun semua itu tidak resmi dan biasanya aplikasi tersebut mengandung malware yang berbahaya bagi perangkat kita.

Itulah sebabnya banyak pengguna Android yang tidak bisa membuka Google Play Store merasa kesal. Karena kegiatan mengunduh atau update aplikasi dapat terganggu. Dan beberapa pengguna tidak dapat membuka Google Play Store akibat tidak adanya koneksi (no conection), kejadian ini memang kerap sekali terjadi oleh beberapa pengguna Android.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

Terdapat faktor yang bisa menyebabkan layanan Google Play Store tidak bisa dibuka, seperti tidak adanya akses internet. Jika tidak ada sinyal internet, sudah dapat dipastikan layanan Google Play Store tidak akan dapat terbuka, karena syarat untuk bisa membuka layanan tersebut adalah dengan adanya jaringan internet.

Jika sobat merasa jaringan internet yang sobat gunakan baik-baik saja, untuk memastikannya sobat bisa cek dengan membuka aplikasi lainnya atau melakukan searching pada browser. Jika ternyata sama, tidak bisa membuka aplikasi atau searching, berarti terdapat masalah pada jaringan yang saat ini sobat gunakan. Mungkin sobat bisa menghubungi operator, jika masih tetap tidak bisa dibuka, berarti terdapat masalah pada layanan Google Play Store Tersebut.

Jika demikian sobat perlu melakukan penanganan pada Google Play Store. Dibawah ini adalah solusi untuk penanganan Google Play Store tidak bisa dibuka.

1. Restart Perangkat

Cara sederhana ini biasa dilakukan oleh orang-orang pada umumnya, salah satunya yaitu jika mengalami Google Play Store yang tidak bisa dibuka. Seperti yang kita tahu bahwa sistem hp kita tidak pernah berhenti bekerja, sehingga hal ini dapat menyebabkan hp kita menjadi lelet, jika manusia mungkin lelah. Dengan melakukan restart akan dapat membuat hp sobat kembali fresh dan bugar. Dengan begitu sistem sudah siap kembali bekerja.

2. Pengaturan Waktu dan Tanggal

Yang perlu sobat tahu bahwa ternyata terdapat perbedaan waktu dan tanggal dapat berpengaruh terhadap layanan Google Play Store. Untuk itu sobat perlu cek apakah waktu dan tanggal yang ada pada Play Store dan hp sobat ada perbedaan. Jika demikian segera lakukan perubahan, sobat bisa setel waktu dan tanggal dengan mode otomatis, kemudian lakukan retart. Dengan begitu waktu dan tanggal pada Play Store dan hp akan sincron.

3. Hapus Cache Pada Google Play Store

Cache merupakan tempat penyimpanan data sementara, oleh karena itu jika terus dibiarkan menumpuk dapat mempengaruhi kinerja Google Play Store seperti sistem menjadi lelet, bahkan sampai tidak bisa dibuka. Maka dari itu sobat perlu menghapusnya sebelum makin parah. Caranya buka Setelan > Aplikasi Terinstall > Google Play Store > lalu klik Hapus Cache. Dengan begitu semua data yang tersimpan sementara akan terhapus.

4. Gunakan VPN

Jika dirasa jaringan yang kita gunakan benar-benar tidak bisa membuka layanan Google Play Store, sobat bisa mencobanya dengan menggunakan VPN. VPN tersebut sobat bisa dapatkan melalui situs resmi dengan mumbuka browser, ketikan pada pencarian Download Hotspot for Android. Unduh dan install kemudian coba gunakan untuk membuka Google Play Store.

5. Hapus Google Akun Pada Google Play Store

Cara berikutnya yaitu dengan menghapus akun yang digunakan pada layanan Google Play Store. Caranya sobat keluar atau log out dari Google Play Store, setelah itu lakukan restart pada hp. Setelah hp menyala, lakukan log in kembali pada layanan Google Play Store.

6. Factory Reset

Yah, jika memang cara diatas tidak ada yang berhasil, sobat bisa melakukan cara yang terakhir yaitu factory reset atau kembali pada setelan pabrik. Cara ini akan dapat membuat hp sobat kembali pada setelan pabrik, sama seperti pada saat sobat pertama kali membeli hp tersebut. Namun jika sobat melakukan cara ini, semua data yang ada akan terhapus semua. Untuk itu sobat perlu melakukan backup terlebih dahulu untuk mengamankan data-data yang penting.

Jika semua data sudah terbackup, silahkan sobat lakukan factory reset. Setelah selesai melakukan reset, sekarang sobat bisa kembali membuka layanan Google Play Store.

Baca juga :

Akhir Kata

Sekian untuk pembahasan kita kali ini tentang Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka (No Conection). Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya hanya di IDETrend.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *