Cara Mengatasi Touchscreen Mencet Sendiri

2 min read

Cara Mengatasi Touchscreen Mencet Sendiri

Cara Mengatasi Touchscreen Mencet Sendiri / Touchscreen Error – Android merupakan terobosan baru alat komunikasi yang berkembang dari zaman ke zaman, perkembangan nya yang begitu cepat sehingga sangat membantu masyarakat dalam mobilitas sehari-hari. Dalam perkembangan nya hampir semua android di bekali dengan menggunakan panel layar atau Touchscreen untuk memudahkan pengguna. Berbagai merk android yang sudah ada sejak dulu maupun merk android terbaru berlomba-lomba memberikan fitur-fitur yang canggih sehingga sesuai dengan kebutuhan pengguna android.

Hampir sebagian besar android menggunakan layar panel atau touchscreen dalam pengoperasian nya sehingga komponen tersebut lebih cepat rusak di banding komponen lain nya, hal tersebut sangat menyebalkan karena mengganggu kita saat mengoperasikan android. lalu bagaimana  cara Mengatasi touchscreen mencet sendiri, Berikut ini IDEtrend.com akan mengulas dan solusi Cara Mengatasi Touchscreen Mencet Sendiri.

Cara Mengatasi Touchscreen Error Mencet Sendiri Pada HP Android

Berikut ini ada beberapa tips agar touchscreen error bisa diperbaiki, dan cara ini juga sudah banyak pengguna hp android seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Lenovo, Sony dan type ponsel lainnya yang sudah teratasi dengan benar. Maka dari itu bagi sobat yang masih bingung bagaimana cara mengatasi touchscreen mencet sendiri berikut ini tips selengkapnya.

Baca juga  Cara Menghilangkan Iklan di Layar Android Tanpa Root

Periksa pelindung layar Touchscreen

Periksa kembali pelindung layar dari kotoran maupun serpihan-serpihan kecil yang mengotori dan mengganggu layar itu sendiri, karena kotoran yang berada di pelindung layar sangat mempengaruhi kinerja layar panel saat pengoperasian nya. buka dahulu pelindung layar lalu bersihkan layar menggunakan tysu maupun kain halus, jika dirasa kondisi pelindung layar sudah kotor dan rusak sebaik nya ganti pelindung layar dengan pelindung layar baru.

Periksa kondisi charge HP

Pastikan anda menggunakan charge asli dari smartphone itu sendiri, karena jika menggunakan charge lain tentu arus listrik yang masuk berbeda dengan charge asli kita. Karena setiap jenis dan merk charge android berbeda sesuai dengan kebutuhan android nya itu sendiri. dan pastikan juga bahwa charge yang di pakai dalam kondisi baik, jika kondisi charge nya rusak justru akan merusak komponen android nya itu sendiri maka gunakanlah charge asli dan charge dengan kondisi yang baik.

Periksa Suhu touchscreen/panel layar

Penggunaan dengan mobilitas tinggi sehingga meningkat nya suhu pada touchscreen, suhu panas pada touchscreen juga di akibatkan bermain game sambil di charge maupun pengaruh koneksi sinyal yang kurang baik yang dapat menyebabkan smartphone anda lagging. Hentikan dahulu penggunaan nya sampai suhu pada android normal kembali.

Periksa kerusakan pada baterai

Selain periksa kondisi charge, kita juga perlu memeriksa kondisi baterai apakah masih layak atau tidak untuk digunakan. karena baterai dengan kondisi yang sudah rusak dapat mempengaruhi layar mencet sendiri dan kinerja smartphone kita tidak maksimal, apalagi kita sering menggunakan smartphone sampai baterai 0%.  tetapi jika kondisi baterai kita baik-baik saja masalah tersebut bukan di sebabkan dari baterai.

Baca juga  Cara Cek Keaslian Power Bank Xiaomi

Menggunakan aplikasi secara berlebihan

Menjalankan Aplikasi secara bersamaan maupun berlebihan juga bisa menimbulkan lagging sampai smartphone itu mencet sendiri. Ini di akibatkan smartphone anda multitasking sehingga memakan banyak ram yang dapat menyebabkan layar smartphone tidak stabil dan terkadang telat respon.

Menggunakan aplikasi kalibrasi layar

jika 5 cara di atas sudah di lakukan dan belum ada hasil maka gunakan aplikasi kalibrasi layar yang ada pada playstore seperti Multitouch tester maupun ToucScreen calibration untuk memeriksa apakah layar smartphone anda masih bisa bekerja dengan baik atau tidak.

Mengganti layar touchscreen

Apabila semua cara sudah di lakukan namun belum memberikan hasil yang baik maka cara ini adalah cara terakhir dengan mengganti layar touchsreen anda dengan layar yang baru. Tetapi jika anda belum bisa mengganti sendiri lebih baik di serahkan ke tempat service maupun ke gerai center smartphone anda apabila masih memiliki garansi resmi nya.

Akhir Kata

itulah 7 Cara Mengatasi Touchscreen Mencet Sendiri yang IDEtrend.com ulas, semoga cara ini bisa memberikan informasi dan wawasan dan dapat di lakukan ketika smartphone kita mengalami permasalahan yang seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *