Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Terdeteksi di PC

2 min read

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Terdeteksi di PC

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Terdeteksi di PC – kegiatan menstransfer sebuah file dari ponsel ke pc atau komputer ataupun sebaliknya memang sangat sering dilakukan banyak orang, entah itu mentransfer file foto, video maupun file lainnya. Dan biasanya kegiatan itu dilakukan dengan alat bantu kabel USB sebagai konektor untuk bisa saling berhubungan dari perangkat satu ke perangkat lain.

Dan disini kita akan membahas sebuah platform Android khususnya para pengguna brand asal negeri tirai bambu China yaitu Xiaomi. Yang memang terdapat beberapa kasus yang dikeluhkan para penggunanya seperti, Xiaomi tidak terdeteksi di pc atau komputer. Hal ini menyebabkan pengguna yang ingin mentransfer sebuah file ke pc jadi tidak bisa dilakukan.

Sebenarnya untuk kasus seperti ini memang bukan hanya dialami oleh pengguna Xiaomi saja, pengguna brand lain juga dapat mengalami hal yang serupa. Nah, oleh karena itu disini mimin akan memberikan solusinya buat sobat pengguna Xiaomi yang memang sedang mengalami kejadian hal semacam ini.

Jadi sobat tidak perlu khawatir karena tips-tips dibawah akan dapat membantu sobat dalam menangani Xiaomi Tidak Terdeteksi di PC.

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Terdeteksi di PC

1. Periksa Kabel USB yang Digunakan

Jika tiba-tiba ponsel sobat tidak terdekteksi di perangkat pc, maka hal yang pertama sobat lakukan yaitu memeriksa kabel USB yang kita gunakan. Apakah masih berfungsi atau sudah rusak. Caranya sobat bisa melihatnya di notifikasi apakah menyala atau tidak. Jika menyala berarti kabel USB masih bagus atau tidak rusak.

2. Aktifkan Media Device MTP

Biasanya jika kita ingin mentransfer file lewat kabel USB, terlebih dahulu kita harus mengaktifkan mode MTP. Mode tersebut akan muncul saat kita menghubungkan ponsel dengan pc dengan abe USB. Silahkan klik notifikasinya lalu aktifkan mode “MTP”. Barulah perangkat Xiaomi akan dapat terdeteksi di pc.

3. Gunakan USB untuk

Cara yang kedua bisa dikatakan untuk model yang lama. Untuk Xiaomi yang model-model sekarang saat kabel USB di sambungkan, akan terdapat notifikasi “Gunakan USB untuk” kemudian dibawahnya terdapat pilihan “Hanya untuk pengisian daya”, “Transfer file (MPT)”, “Transfer foto (PTP)”. Sobat bisa pilih MPT atau PTP maka ponsel akan dapat terdeteksi.

4. Aktifkan Mode USB Debugging

Jika cara diatas sudah dilakukan namun masih belum bisa terdeteksi. Sobat bisa mencoba menyalakan USB Debugging, karena siapa tau tidak aktif secara otomatis. Caranya sobat pergi ke menu Pengaturan > Tentang Ponsel > klik MIUI Version berkali-kali sampai muncul Anda sudah jadi pengembang. Kemudian kembali ke menu Pengaturan > Pengaturan tambahan > Developer Options > aktifkan USB Debugging.

5. Tidak Ada Fitur USB Setting

Hal ini bisa di jumpai untuk HP Xiaomi yang memang masih dengan garansi distributor. Tidak sedikit pengguna Xiaomi yang lebih memilih menggunakan hp dengan garansi distributor, karena harganya yang memang relatip lebih murah. Namun terkadang terdapat kekurangan yang harus sobat terima, seperti fitur USB Setting. Solusinya sobat bisa unduh MIUI USB Setting di Google Play Store.

6. Cek Driver USB PC

Selain cek ponsel yang digunakan, sobat juga harus cek pc. Pastikan bahwa driver USB terinstall dengan baik. Cara mengeceknya sobat buka Device Manager > pilih Universal Serial Bus Controller. Silahkan buka lalu periksa apakah driver USB sudah terinstall atau belum.

7. Install MI PC Suite di PC

Jika sobat sudah melakukan install USB Setting di hp Xiaomi namun ternyata masih belum berhasil juga, sobat bisa install MI PC Suite di pc yang akan sobat gunakan.

Baca juga :

Nah, demikianlah beberapa tips Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Terdeteksi di PC. Sampai disini dulu sobat IDETrend untuk pertemuan kali ini, sampai bertemu lagi di artikel berikutnya hanya di IDETrend.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *