Cara Mengembalikan Pesanan Shopee Yang Rusak atau Tidak Sesuai Pesanan

1 min read

Cara Mengembalikan Pesanan Shopee Yang Rusak – Untuk anda yang suka berbelanja pastinya di zaman yang canggih seperti sekarang ini pastinya tidak ingin yang ribet-ribet, pastinya ingin yang simpel dan mudah bukan? Marketplace yang saat ini banyak digunakan dan memiliki rating tinggi adalah Shopee, pastinya anda semua sudah tidak asing lagi dengan marketplace dengan icon huruf S dengan latar belakang warna orange tersebut.

Semua yang anda inginkan bisa anda dapatkan di shopee, dan proses bayarnya pun terbilang mudah dengan banyak pilihan seperti halnya dengan kartu kredit, transfer bank, minimarket bahkan hingga COD bisa anda pilih sesuai keinginan anda. Berbelanja secara online pastinya kita hanya dapat melihat rating toko dan testimoni dari produk yang sudah di beli pelanggan bukan? Dan resiko barang yang tak sesuai bahkan sampai barang rusak bisa kemungkinan terjadi. Atau mungkin anda pernah mengalaminya hal seperti tersebut ketika beli pesanan shopee rusak atau tida sesuai yang pastinya anda bisa mencoba untuk melakukan proses penukaran barang.

Cara Mengembalikan Pesanan Barang Yang di Beli di Shopee

Ketika anda akan melakukan pengembalian barang pastinya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan anda ketahui, salah satu hal yang perlu anda tahu adalah ketika anda menerima paket sebaiknya anda cek terlebih dahulu apakah pesanan sudah sesuai ataukah belum. Jika sudah sesuai anda bisa klik Pesanan diterima maka uang yang anda transfer ke shopee akan di lepaskan pada seller. Namun jika barang rusak ataupun tak sesuai anda bisa mengajukan pengembalian pada shopee yang nantinya akan di tindaklanjuti kepada seller tersebut.

1. Buat Unboxing Paket

Salah satu bukti pendukung adalah anda bisa membuat video unboxing pesanan anda dengan memperlihatkan nama toko ataupun pengirim pada lembaran kertas yang di tempel pada bagian depat paket serta resi yang ada.

2. Kerusakan Barang

Ketika anda sudah membuka paket pastinya anda akan mengetahui isi dalam paket, nah anda bisa cek pesanan anda apakah sudah sesuai ataukah belum.

3. Upload Pada Youtube

Ketika langkah pertama dan kedua sudah anda lakukan sekarang anda bisa upload video tersebut pada akun youtube yang tujuanya adalah sebagai penengah untuk di tinjau pada pihak shopee dengan cara membagikan share link videonya pada pihak shopee

4. Ajukan Pengembalian Barang

Klik pada “ Ajukan Pengembalian “ dimana anda jangan klik pesanan diterima, karena jika sudah klik pada pesanan diterima kemungkinan untuk proses retur akan menjadi sulit. Anda bisa upload foto pendukung dan juga alasan kuat anda mengapa anda ingin mengembalikan barang tersebut, dan nantinya pihak shopee akan mengajukan proses pada seller. Dan jika seller masih tidak menerima anda bisa menggunakan video sebagai bukti pendukungnya

Baca juga  Cara Memperbaiki Touchscreen Dengan Pemantik Korek

5. Ikuti Tahapan Proses Hingga Selesai

Untuk proses pengembalian ini hingga selesai memakan waktu kisaran sekitar 1 mingguan, dimana anda harus memiliki bukti yang kuat agar seller tidak bisa memenangi banding yang anda inginkan sehingga nantinya proses pengembalian barang yang rusak atau tidak sesuai tersebut bisa di tukar dengan yang baru.

6. Kembalikan Pesanan ke Seller

Selanjutnya anda bisa melakukan pengiriman paket tersebut dengan melalui ekspedisi yang ada dan lalu anda bisa input resi yang diberikan.

7. Uang akan di Kembalikan ke akun ShopeePay

Jika semuanya sudah anda lakukan dengan benar tahapan yang kami berikan, nantinya uang yang belum diterima oleh seller akan masuk ke akun ShopeePay anda.

Akhir Kata

Demikianlah bahasan mengenai Proses Mengembalikan Barang Yang Tidak Sesuai di Shopee, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di bahasan menarik selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *