Ini Dia Alasan Kenapa Rayap Suka Makan Kayu!

1 min read

Kenapa Rayap Suka Makan Kayu

Kenapa Rayap Suka Makan Kayu – Tidak ada orang yang tidak paham jika rayap sebagai serangga pemakan kayu. Bila di dunia semut ada istilah ada gula ada semut, kemungkinan di dunia rayap dapat dibikin perumpamaan semacam itu, ada kayu ada rayap. Tetapi, apakah benar rayap sukai makan kayu? Untuk jawab pertanyaan itu kami akan membahasnya di artikel ini, selamat membaca!

Saat sebelum kita mengulas jalan keluar untuk obat anti rayap atau pengendalian hama rayap, ada sesuatu hal yang memikat pada serangga kecil ini. Perlu Anda kenali jika rayap ialah termasuk pada serangga primitif tetapi dapat menjaga komunitas dan koloninya sampai jaman modern saat ini. Hal itu karena rayap dapat hidup dimanapun asal di lingkungan itu ada sumber makanan.

Kenapa Rayap Suka Makan Kayu

Darimanakah rayap memperoleh sumber makanannya? Hasil riset mengatakan jika rayap bertahan hidup dan berkembang biak dengan konsumsi selulosa. Tahukah Anda apakah itu selulosa? Dan mengapa rayap benar-benar memerlukannya? Selulosa atau zat selulosa terhitung pada salah satunya zat yang banyak diketemukan di bumi.

Zat selulosa lebih terdapat banyak pada kayu dan kertas (karena kertas dibuat dari serat kayu). Jadi tidak mengejutkan mengapa rayap seringkali serang kayu dibanding material yang lain, hal itu karena rayap ingin makan zat selulosa yang ada di kayu itu . Maka menurut pengetahuan zoology rayap tidak langsung makan kayu, tetapi merk makan zat selulosa yang ada di kayu.

Baca Juga : Anti Rayap cibubur

Untuk mengolah selulosa, rayap memerlukan enzim selulase untuk mengolahnya. Enzim selulase dibuat oleh protozoa dan baketri yang ada pada aliran pencernaan rayap. Hal itu berlainan dengan manusia yang tidak mempunyai enzim selulase hingga tidak dapat merinci zat selulosa. Selainnya rayap, hewan yang mempunyai enzim selulase ialah sapi dan kambing sera hewan memamah biak yang lain.

Indonesia yang disebut surga untuk rayap karena terdapat banyak rimba hujan tropis mempunyai banyak spesies rayap. Di pulau Jawa saja rupanya diketemukan ada 200 tipe rayap bahkan juga lebih. Hal itu bisa jadi membesarkan hati atau justeru mencelakakan. Mengapa mencelakakan? Terang sekali beresiko, karena rayap sebagai hama penghancur. Mereka dapat membuat keropos semua komponen kayu yang ada di rumah Anda.

Rayap benar-benar memerlukan kayu, karena pada kayu ada sumber makanan untuk mereka yakni selulosa. Saat sebelum rayap-rayap ini menghancurkan rumah Anda, seharusnya Anda harus ketahui tanda-tanda mulai ada masalah dari hewan penghancur ini. Berikut beberapa ciri bila rumah atau mebel Anda terserang oleh rayap:

Perlengkapan yang dibuat dari kayu akan terkhat lebih memiliki rongga dan keropos

Hama ini akan makan kayu dari sisi dalam dan cuma tersisa susunan sisi luar kayu saja yang telah tipis. Saat Anda tekan atau mengetok kayu yang telah dirusak oleh rayap, maka berasa kayu itu jadi memiliki rongga atau bahkan juga bila didesak dengan keras, kayu terebut justru remuk karena sangat minimnya.

Ada lajur rayap pada Kayu

Pertanda lain saat mebel atau perlengkapan kayu Anda dikonsumsi oleh rayap umumnya ada ada lajur seperti terwongan yang dibikin oleh rayap tersebut. Mereka membuat lajur itu bila makan kayu diawali dari susunan luar, dengan membuat terowong itu akan memberi dampak lembab untuk menambahkan perasaan nyaman untuk keberlangsungan hidup mereka.

Nantikan pembahasan kami tentang rayap ya guys.